Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos Final: Perjuangan Belum Berakhir!

 

Para pemain Timnas Indonesia pada saat melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Senin (29/4/2024). Foto diambil dari website pssi.org.

 

DOHA – Timnas (Tim nasional) Indonesia U-23 gagal membawa Indonesia sampai ke final setelah kalah dari Uzbekistan dengan skor 0-2 pada Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Senin (29/4/2024).

Pada babak pertama, Uzbekistan tidak bisa menjebol pertahanan Indonesia. Ini menjadi kali pertama dalam pertandingan Piala Asia U-23 2024, Uzbekistan tidak dapat mencetak gol setelah empat laga sebelumnya selalu mencetak satu gol.

Gol pertama yang ditorehkan Indonesia pada babak kedua berhasil menjebol gawang Uzbekistan selama pertandingan Piala Asia U-23 ini. Sayang, gol dari Muhammad Ferrari dianulir oleh wasit VAR (Video Assisten Review) yang dipimpin oleh Sivakorn Pu-Udom dari Thailand karena Muhammad Ramadhan Sananta dianggap lebih dulu offside sebelum gol. Hal ini mengakibatkan Indonesia gagal memimpin dalam pertandingan tersebut.

Kelengahan pemain Timnas setelah gol dianulir mampu dimanfaatkan oleh Khuisain Norchaev yang berhasil membawa Uzbekistan unggul dengan skor 0-1, dia berhasil membobol gawang Indonesia di babak kedua pada menit ke-68.

Tidak berselang lama kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho pada menit ke-82 mendapatkan kartu merah usai menendang bola dan kakinya mengenai pemain Uzbekistan, Jasurbek Jalliddinov yang dianggap sengaja oleh wasit. Perginya sang kapten membuat Timnas melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain yang mengakibatkan pertahanan Indonesia melemah.

Tanpa ampun, pemain Uzbekistan mengarahkan bola ke gawang Timnas yang dijaga Ernando. Upaya ini hampir membawa Uzbekistan unggul jika tidak mengenai tiang gawang.

Indonesia semakin tertinggal setelah gol bunuh diri dari Pratama Arhan pada menit ke-86. Isyarat dari Ernando yang dapat menangkap bola tidak dapat dipahami oleh Arhan. Akibatnya, Arhan salah menyapu bola sehingga bola masuk ke gawang sendiri. Alhasil, Uzbekistan semakin unggul dengan perolehan skor menjadi 0-2 sehingga membuat Indonesia tertinggal jauh.

Hingga peluit panjang dari wasit Shen Yinhao yang berasal dari China menjadi tanda berakhirnya pertandingan, Indonesia tidak bisa menyamakan kedudukan dengan Uzbekistan. Meskipun tidak berhasil membawa Indonesia sampai ke final, perjuangantim berjuluk Garuda Muda belum berakhir.

Dilansir dari website pssi.org, Shin Taeyong pelatih Timnas Indonesia memberikan apresiasi atas kerja keras para pemain setelah kalah dari Uzbekistan. Dia juga menambahkan bahwa Uzbekistan bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus.

“Sebelum pertandingan dimulai, para pemain merasa gugup. Inilah yang memengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik seperti di pertandingan sebelumnya,” ujar Shin Tae-Yong.

Pelatih asal Korea Selatan menambahkan jika Uzbekistan tetaplah tim yang kuat dan memberi selamat untuk tim Uzbekistan atas kemenangannya. Timnas masih mempunyai kesempatan untuk dapat melaju ke Olimpiade.

Garuda Muda masih bisa melanjutkan mimpinya untuk dapat lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan melawan Irak yang kalah dari Jepang untuk memperebutkan posisi ketiga. Jika pada pertandingan tersebut Timnas belum berhasil, maka masih ada pertandingan play-off dengan melawan wakil benua Afrika, Guinea.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Ada Salahnya Punya Mimpikan?

Ginda: Partisipasi Politik Anak Muda Sangat Penting!

Keren! Mahasiswa Ini Biayai Kuliah Sendiri dari Hasil Ngonten di TikTok